Minggu, 16 Maret 2014

Bahasa Indonesia VS Bahasa Asing


Bahasa Indonesia VS Bahasa Asing

  Sidoarjo-Pelaksaan Ulangan Tengah Progam di Al-fattah berlangsung dengan tertib. Hal inilah yang menjadi impian para pendidik di pesantren Al-fattah. Selain ketertiban mereka berharap pula para santrinya mengerjakan ulangan dengan jujur dan tanpa mencontek, hal ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman para santri atas materi yang telah disampaikan.
  Kamis(24/10), merupakan hari ketiga pelaksanaan UTP di Ponpes Al-fattah. Dan tak seperti biasanya, para guru selaku panitia yang meletakkan pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertama berinovasi dengan meletakkannya di hari ketiga. Ulangan pun berjalan dengan sangat tenang. Para santri mengerjakan dengan tekun dan penuh percaya diri. Tak disangka dengan waktu yang singkat, para santri diseluruh ruang SMA telah menyelesaikan soal.
  Sabtu(26/10), tepat pada hari akhir ujian tengah progam hasil ulangan Bahasa Indonesia ditempelkan. Bagaiman para santri tak terkejut, ulangan Bahasa Indonesia yang mereka anggap mudah, ternyata mendapatkan hasil nilai yang tertinggal jauh dibawah KKM. Terlihat dihasil ulangan kelas XII, hampir setengah dari jumlah mereka mendapat nilai dibawah KKM. Dan bahkan ada salah satu santri dari kelas XI IPS yang mendapat nilai 18. Hal ini membuat ustadzah Uni Erawanti sebagai guru Bahasa Indonesia merasa kecewa. Ia yakin soal yang telah ia berikan sesuai dengan kemapuan para santri, karena materi yang beliau ujikan telah disampaikan sebelumnya.
  ''Aku malu kalau nilai bahasa Asing lebih tinggi dari pada bahasa indonesia. Karena seakan - akan aku tidak bisa bahasa negara sendiri, padahal bahasa indonesiakan dipakai untuk percakapan sehari-hari'', tutur Nadiya Nur Cahyani salah satu santriwati Al fattah dari kelas XI IPA.
  Pemberian materi bahasa asing memang dipandang perlu untuk pendidikan anak saat ini, akan tetapi alangkah baiknya jika hal itu dibarengi dengan pemantapan pemahaman terhadap bahasa negara kita terlebih dahulu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar