Senin, 17 Maret 2014

Damai ditengah Kebisingan


Damai ditengah Kebisingan
                Sore yang cerah dengan  berhiaskan mega merah dilangit nan biru menggambarkan keindahan alam desa buduran walau dihimpit dengan asap debu pabrik serta suara riuh lalu lalang kendaraan. Sejenak pandangan saya tak dapat saya alihkan pada segerombol santri Ponpes Al-fattah yang berbondong-bondong melangkahkan kaki ke masjid. Wajah mereka berseri-seri menggambarkan pancaran sinar air wudlu yang setiap hari membasuh wajah mereka paling sedikit lima kali dalam sehari.
            Sore itu lantunan ayat suci Al-qur’an yang terdengar merdu dari pengeras suara masjid seakan menghipnotis seluruh penghuni di Ponpes Al-fattah untuk mengikuti tahfidz di masjid secara bersama. Sudah menjadi kebiasaan para santri menunggu adzan magrib dengan menghafal tiap huruf dari kitab suci Al-qur’an.
            Pondok pesantren yang terkenal dalam mencetak generasi santinya menjadi pendakwa yang handal tersebut mempunyai metode khusus dalam membiasakan santrinya untuk menghafal Al-qur’an. Saya pun merasakan bagaimana rutinitas kegiatan tahfidz yang digelar pada waktu sore dan siang hari yang diwajibkan untuk seluruh santri.
            Selain pada waktu sore dan siang hari, diadakan juga tahfidz intensif yang di peruntukkan bagi para santri yang mempunyai keunggulan dalam hafalan yakni kemampuan hafalan mereka sangat cepat dan melebihi target yang ditetapkan oleh para dewan asatidz.
            Area pondok pesantren yang ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang membuat para santri nyaman dalam belajar. Fasilitas yang lengkap dan cara pembelajaran para pendidik yang berpengalaman membuat  para santri Al-fattah tidak ketinggalan zaman dalam bidang pelajaran umum. Begitu pula dalam bidang IT (Teknologi dan Informasi) para santri Al-fattah mendapat pembelajaran langsung dari dosen ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), hal ini menunjukkan bahwa santri pondok pesantren Al-fattah bukan hanya belajar ilmu agama saja, akan tetapi ilmu umum pun juga mampu mereka dapatkan.
            Keunggulan Al-fattah tidak hanya dalam bidang IT saja, akan tetapi masih banyak lagi program unggulan yang diterapkan di Al-fattah , dengan berbagai program tersebut diharapkan Ponpes Al-fattah dapat membawa para santrinya untuk mewujudkan VISI dani MISI mereka, yakni “Terwujudnya Generasi Berakhlaqul Karimah dan Unggul Dalam Prestasi.

By:
Irtifa’i Nur Laily



Tidak ada komentar:

Posting Komentar