Senin, 17 Maret 2014

Rahasia Dibalik Air



RAHASIA DIBALIK AIR

Air merupakan sumber daya alam yang tidak terbatas. Dengan adanya siklus hidrologi sember daya air tidak akan habis. Siklus hidrologi sendiri merupakan peredaran air secara umum dari atmosfer melalui penguapan, kemudian jatuh kepermukaan bumi sebagai hujan yang mengalir di atas permukaan dan di dalam tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Demikian terus berulang dari waktu ke waktu. Di bumi air lebih mendominasi dari pada daratan. Perbandingan antara air dan daratan yang ada di bumi adalah 70% dengan 30% lebih luas daerah yang berair.

Dengan adanya air yang tidak terbatas dan dapat dijumpai dimana saja meskipun di gurun yang tandus dan gersang. Kita dapat megunakan air untuk berbagai hal.Selain itu,air juga dapat melancarkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh kita jika kita mengonsumsi air.Apabila kita kekurangan cairan atau metabolisme dalam tubuh kita terganggu, maka kita kekurangan cairan atau metabolisme kita terganggu, maka kita akan merasa lemah dan dehidrasi.Normalnya kita harus mengonsumsi air sebanyak 2 liter/hari.Air juga dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh melalui urine.

            Air juga mempengaruhi hidup kita. Contoh apabila kita hanya mengonsumsi makanan dan tidak mengkonsumsi air dalam waktu lama, maka kita akan mati. Akan tetapi,apabila kita mengonsumsi air saja tanpa mengonsumsi makanan dalam jangka waktu yang lama, maka kita dapat bertahan hidup.

            Alam juga bergantung pada air. Contoh apabila tumbuhan menyarap air, maka  Tumbuhan pun akan layu dan mati.sehingga ekosistem akan tidak stabil/terganggu. Begitu juga mengenai warna langit. Warna langit dipengaruhi air yang ada dilaut. Air laut tersebut akan membiaskan warnanya ke langit, sehingga warna langit bisa berwarna biru.

Kita sebagai makhluk hidup pasti memiliki seesuatu untuk dapat bertahan hidup, salah satunya yakni air. Dengan air inilah kita bisa bertahan hidup lebih lama, karena tubuh kita ini 80% terbuat dari air. Maka dari itu kita perlu banyak meminum air karena jika tidak maka kita akan kekurangan cairan tubuh dan jika kita kekurangan cairan tubuh maka kita akan merasa lemas dan pada saat itu kita mudah terkena penyakit. 

Air merupakan salah satu elemen yang ada didunia, maka jika tidak ada air dunia ini akan menjadi tandus dan kering. Maka dari itu kita harus bisa menghemat air karena jika tidak dunia ini akan kekeringan dan kita tidak bisa bertahan hidup lebih lama. Akan tetapi kita sebagai makhluk yang memiliki akal pasti memiliki suatu cara agar air yang telah dipakai/kotor itu dapat digunakan kembali, salah satu caranya yakni dengan menyaring air yang telah digunakan agar dapat digunakan kembali. Adapun cara alami yang dilakukan oleh alam itu sendiri yakni dengan siklus air, dengan inilah air dapat menyebar ke seluruh muka bumi dengan merata. 

Siklus air ini adalah kegiatan mendaur ulang air yang dilakukan secara alami oleh alam. Siklus air juga dapat diperincikan dengan air laut yang menguap keatas langit lalu berkumpul menjadi sebuah titik-titik air yang biasa disebut awan, setelah kumpulan titik-titik tersebut banyak maka akan turun hujan ke permukaan bumi, lalu tetesan air tersebut mengalir melalui sungai dan pada akhirnya air tersebut kembali menuju laut, adapun tetesan air tersebut terserap oleh tanaman dan terkumpul menjadi sungai bawah tanah yang pada akhirnya air itu menjadi mata air yang dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup. 

Tetapi kita juga harus ingat, bahwa bumi ini sedang dalm pemanasan global yang disebabkan oleh karbon dioksida, yang mana zat karbon dioksida ini dapat menipiskan lapisan ozon yang melindungi bumi dari sinar ultra violet agar kita tidak terkena penyakit kanker kulit.     

            By:Fahmi Miroron & Mahisa Kampala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar